Article: Rambut Tumbuh Kasar dan Lebat Usai Cukur

Standard

Hi! This article is taken from VIVAnews: http://us.wap.vivanews.com/news/read/270934-rambut-tumbuh-kasar-dan-lebat-usai-cukur

Rambut Tumbuh Kasar dan Lebat Usai Cukur Mencukur Bulu Kaki

Pisau cukur membuat rambut tak terpotong sampai akar sehingga terkesan kasar dan tebal.

Pipiet Tri Noorastuti | Jum’at, 9 Desember 2011, 15:55 WIB VIVAnews – “Jangan dicukur nanti semakin tebal dan lebat.” Mungkin Anda kerap mendengar wejangan itu saat hendak mencukup bulu berlebih di sejumlah bagian tubuh, seperti kaki, ketiak, atau area intim. Logiskah wejangan itu?

“Mencukur rambut yang tumbuh di lapisan kulit tidak akan membuatnya tumbuh lebih gelap atau tebal,” kata Jessica Wu, MD, ahli dermatologis klinis dari University of Southern California Medical School, Los Angeles, seperti dikutip Everyday Health.

Jessica mengatakan bahwa mencukur rambut tidak akan memengaruhi pertumbuhan rambut, yakni folikel yang ada di bawah lapisan kulit.

Kesimpulan tersebut berdasar sejumlah penelitian lampau, salah satunya studi tahun 1920 mengenai seberapa cepat rambut tumbuh usai dicukur. Studi tahun 1970 juga menguatkan argumen bahwa rutin mencukur rambut berlebih di tubuh seminggu sekali tak memengaruhi pertumbuhan dan tekstur rambut.

Jessica mengatakan, argumen soal rambut tumbuh lebih tebal dan lebat mungkin muncul karena pisau cukur tak membuat rambut tercabut hingga akar. Pisau cukur membuat rambut terpotong di bagian tengah sehingga menghasilkan patahan tumpul.

Patahan tumpul membuat rambut terkesan lebih kasar dan tebal. Sementara ketika tercabut hingga akar, rambut akan tumbuh secara alami dengan ujung yang sedikit runcing dan lembut, sehingga terkesan lebih tipis.

“Yang sebenarnya menentukan ketebalan rambut adalah ukuran folikel di mana rambut tumbuh,” kata Jessica. “Sementara melanosit (sel-sel yang memproduksi melanin, pigmen yang mewarnai rambut dan kulit) adalah penentu tingkat kegelapan rambut.”

Untuk mendapatkan hasil cukuran yang lebih halus, Jessica membagi tips berikut:

* Gunakan pisau cukur yang tajam dan bersih. Bila perlu ganti dengan mata pisau yang baru setiap kali hendak dipakai untuk memastikan ketajamannya sempurna. Hindari penggunaan pisau cukur berkarat.
* Gunakan gel pelembab atau krim untuk melumasi rambut, agar tak menghasilkan potongan yang kasar.
* Untuk membantu mengangkat sel kulit mati yang dapat menyumbat pisau cukur, bersihkan perlahan di sela sesi mencukur.
* Setelah kulit bebas rambut, jangan lupa selalu gunakan lotion setelah mandi untuk mempertahankan kelembutannya.

Namun, Jessica lebih merekomendasikan waxing dan threading sebagai metode melenyapkan rambut mengganggu. Dua metode ini membuat rambut tercabut hingga akar. Selain pertumbuhan rambut lebih halus, jeda rambut kembali menyembul dari kulit juga lebih lama.

“Tapi, jika tidak ingin rambut tubuh lagi, ada elektrolisis dan laser hair removal, yang menargetkan folikel untuk menghilangkan rambut secara permanen,” ujarnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s